Mitos dan Fakta Seputar Paru – Paru, Tahu?

Saat menjalani system pernapasan, paru – paru merupakan salah satu organ yang perannya paling penting di sini. Saat udara mencapai paru – paru, maka akan terjadi pertukaran di antara oksigen dari luar tubuh dengan karbon dioksida dari dalam darah. Jika paru – paru mengalami gangguan atau terserang penyakit, maka proses ini akan ikut terganggu. Penyakit paru – paru sendiri jenisnya ada banyak. Banyak juga berbagai mitos yang beredar sekarang ini. Nah, agar tak salah info, di bawah ini kami akan berikan mitos serta fakta yang kalian harus tahu seputar penyakit paru – paru.

1.TBC Gak Bisa Sembuh

TBC Gak Bisa Sembuh

Penyakit TBC sebenarnya bisa sembuh dengan berbagai obat antibiotic antu tuberculosis yang biasanya diharuskan diminum dengan jangka waktu 6 sampai dengan 18 bulan tergantung jenis TBC yang diderita. Namun sayang, pengobatan ini butuh waktu yang cukup lama hingga berbulan – bulan dan harus rutin dilakukan dan diminum. Jadi pasien bisa jadi jenuh dan tak minum obatnya lagi secara teratur. Atau bahkan bisa putus sebelum selesai masa pengobatan. Kalau seperti ini, penyakit jadi mudah kambuh yang disebabkan oleh kuman TBC yang sudah kebal dengan antibiotic.

2.Paru – Paru Basah Disebabkan Oleh?

Paru - Paru Basah Disebabkan Oleh?

Paru – paru basah atau yang biasanya lebih dikenal dengan pneumonia merupakan radang paru dikarenakan infeksi virus, jamur, maupun bakteri. Dokter spesialis penyakit dalam juga pernah menuturkan kalau infeksi seperti ini bisa terjadi kalau kita ketularan atau terpapar kuman. Apalagi kalau kondisi system imun sedang kurang baik serta ada pertahanan mukosa saluran pernapasan yang juga kurang bagus misalnya merokok. Jadi sebenarnya paru – paru basah tak berhubungan dengan berbagai hal yang tak berhubungan dengan kerentanan terjadinya infeksi.

3.TBC Hanya Menyerang Paru

TBC Hanya Menyerang Paru

Sebagian besar penyakit TBC memang benar mengenai paru – paru. Tetapi, untuk orang yang belum di imunisasi atau orang yang system imunnya masih lemah. Maka TBC bisa menyebar lewat darah maupun pembuluh getah bening ke hampir seluruh organ bagian tubuh yang lainnya misalnya usus, tulang, otak, ginjal, selaput otak, dan lain – lain.

4.Cuma Perokok Yang Bisa Kena Kanker Paru dan PPOK

Cuma Perokok Yang Bisa Kena Kanker Paru dan PPOK

Kanker bukan hanya bisa menyerang perokok. Karena ada bakat genetic dari paparan asap material atau bahan kimia lainnya yang karsinogenik, serta paparan asap rokok.

5.TBC Keturunan

TBC Keturunan

TBC bukanlah sebuah penyakit keturunan. Ini merupakan sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang bisa disebut dengan Mycobacterium tuberculosis. Penularannya sendiri hanya bisa dilakukan lewat droplet maupun airborne. Tak jarang juga ada keluarga yang tinggal serumah semuanya bisa terkena TBC karena penularannya memang sangat mudah. Apalagi kalau rumahnya kecil atau anggota keluarga ada banyak atau ventilasi rumahnya gak bagus.

Itulah berbagai mitos dan fakta mengenai penyakit paru – paru. Semoga bermanfaat.