Gojek dan Tokopedia Digugat Karena Merek GoTo

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Tokopedia mendapatkan gugatan dari PT Terbit Financial Technology sebesar Rp2,08 triliun ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Hal ini dikarenakan penggunaan nama GoTo yang merupakan nama dari merger antara kedua perusahaan.

Salah satu bunyi petitium i dalam perkara ini berbunyi “Menyatakan para tergugat telah melakuka pelanggaran hak atas merek GoTo milik pengguat,”.

PT Terbit Financial Technology selaku penggugat meminta kepada majelis hakim untuk menghukum Gojek dan Tokopedia dengan mengganti rugi secara materil sebesar Rp1,83 triliun dan imateril sebesar Rp250 miliar, sehingga total gugatan Rp2,08 triliun.

Sebelumnya, Tokopedia dan Gojek melakukan merger yang diresmikan pada 17 Mei 2021 lalu. Keduanya tergabung dengan nama GoTo.

Salah satu program dari GoTo ini adalah pengiriman barang Tokopedia bisa dilakukan menggunakan Gojek, dan pembayaran di Tokopedia bisa dilakukan menggunakan Gopay.

Andre Sulistyo yang merupakan CEO GoTo juga mengharapkan GoTo dapat mendorong inklusif keuangan yang ada di Indonesia dan juga Asia Tenggara.

Namun, pihak pengguat yakni PT Terbit Financial Technology menyatakan kalau merek GoTo yang mereka miliki suah didaftarkan dengan nomor: IDM000858218 ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI.

Hal ini membuat pihak penggugat meminta kalau menyatakan kalau mereka merupakan satu-satunya pemilik dari GoTo dan juga pemilik sah dari merek game slot online tersebut berserta dengan segala variasinya.

Mereka juga menyatakan kalau GOTO, goto, dan juga goto financial memiliki persamaan kepada pokoknya dengan penggunaan merek GOTO milik dari penggugat.

Penggugat pun berikutnya juga meminta agar Tokopedia dan Gojek dihukum dengan mengganti penggunaan dari merek GoTo dan segala variasi yang ada. Mereka juga meminta agar penggugat membayar uang paksa sebesar Rp1 miliar untuk setiap hari keterlambatan di dalam melaksanakan putusan.

Perkara mengenai gugatan hak ini sudah PT Terbit Financial Technology daftarkan pada pengadilan sejak Selasa, 2 November 2021. Sidang yang sudah tercatat dengan nomor perkara 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst. Sidan ini pun akan digelar pada hari Selasa, 9 November 2021.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada respons dari Media Relations Gojek, Riska Rahman, dan juga dari Antonia Adega yang merupakan External Communications Lead Tokopedia.